Rabu, 08 Juli 2020

Katakan pada Dilan "yang berat itu bukan rasa RINDU, tetapi menulis buku". Biarlah aku saja yang menanggungnya eeaaaa


Belajar Menulis Gelombang 12/Proses Menerbitkan Buku Ajar

Pertemuan ke 17 : Rabu, 8 Juli 2020
Waktu                  : 19.30 - 22.00 WIB
Pemateri              : Joko Irawan Mumpuni
                             jmumpumpini@gmail.com, Twiter@jokomumpuni
Resume               : Sofina, M. Pd.
                            finazen40@gmail.com/sofinayan.blogspot.com



Sudah beberapa malam ini hawa udara di Beji, Depok agak panas bahkan nyamuk sudah mulai mencari makan, tepak tepok tepak tepok suara dari kamar, ternyata suami saya sedang membasmi nyamuk yang telah mengganggu kuping dengan suara ngaung ngaungnya, itu malam-malam kemaren. Alhamdulillah malam ini hujan turun, membawa udara sejuk, perut sudah kenyang dengan sepotong risolia favorit saya heheheheeee.
Laptop sudah menyala, baru kali ini saya sudah mulai membuat pengantar untuk resume padahal belum pukul 19.00 WIB, belajar pun belum dimulai, baru pemanasan saja di WAG, tentang profil narsum malam ini. Yaaaaah sekali-kali jadi murid rajin boleeeh dong ya teman hehehehheee.
Sangat berharap narsum hadir dtengah-tengah WAG, tapi nampaknya tidak bisa, karena beliau harus ada di WAG gel 14, yaaah ga apa dah, yang penting dapat materi pelajarannya pak. Pembelajaran malam ini bersama Bapak Joko Irawan Mumpuni dengan beberapa jabatan beliau yaitu sebagai Direktur Penerbitan, Penerbit Andi, Ketua I, IKAPI DIY, Penulis buku, bersertifikat BNSP, dan asesor BNSP. Pembelajaran  akan dibagi menjadi 3 paparan yaitu:
1.   Writing preneurship/menulis buku yang diterima penerbit
2.   Menulis buku ajar
3.   Teknis menulis buku
     Guru adalah sebagai akademisi, maka penerbitkan tulisan memiliki tujuan apakah untuk profit semata,nirlaba/pengabdian,branding/promosi, sekedar untuk memenuhi regulasi/akreditasi. Kebanyakan orang-orang menulis beralasaan karena royalti/ keuntungan yang banyak, ada juga untuk mengabdian agar berarti hidupnya, bahkan untuk promosi diri dengan berbagai alasan promosi. Tapi kalau guru kebanyakan karena untuk regulasi/kenaikan pangkat, untuk PNS ya pak, kalau saya maaah bukan karena itu hehehheee.
Berkaitan dengan tulis menulis sebenarnya kita dapat membayangkan posisi kita ada dimana berdasarkan gambar dibawah ini

Naaah dari WAG kita sudah ada ditangga yang tengah  hampir mencapai tangga atas pak, tinggal tunggu terbit menurut saya yiiihaaaaaaa.
     Selanjutnya mengenai ekosistem buku, bahwa penerbit adalah perusahaan yang mencari keuntungan untuk bertahan hidup bagi karyawannya, artinya adalah tidak mungkin penerbit dapat melakukan penerbitan secara sembarangan dan tidak yakin jika buku yang nanti akan diterbitkan akan mendapatkan keuntungan. Kesimpulannya adalah ada 4 kelompok besar pada ekosistem tersebut, yaitu penerbit, penyalur, pembaca, dan penulis. Pelaku industri adalah penerbit, penyalur, dan penulis, sedangkan pembaca adalah pasar atau pembeli.
Jika dihitung berdasarkan keuntungan maka yang paling besar memperoleh keuntungan adalah penulis itu sendiri. 
 
Literasi yang ada di Indonesia sangat tertinggal jauh dengan negara lain (seperti gambar di atas) karena ada tiga hal penghambat, yaitu kurangnya minat baca (lebih banyak ke minat nonton), minat tulis sangat kurang (minat ngobrol/cerita lebih besar) sudah saatnya kita belajar untuk mengkalimatkan dengan tulisan dari apa yang kita pikirkan alias tidak sekedar dibicarakan saja, terakhir adalah apresiasi hak cipta, banyak yang tidak menghargai hasil karya, bukan hanya  buku di foto copy tapi ada ebook ilegal (buku-buku resmi discan lalu dibuat pdf dan didistribusikan), itu sangat merugikan penulis dan penerbit.
Untuk selanjutnya narsum menjelaskan naskah yang akan menjadi buku. Jika ada naskah maka kirimkanlah ke penerbit, nanti akan dinilai oleh penerbit, maka nanti akan diminta softcopy lengkap serta adanya surat perjanjian dari penerbit, maka selanjutnya ada proses edit, setting, cetak dan terakhir dijual. Penerbit tidak pernah menolak naskah hanya karena salah koma atau titik dan lainnya yang berkaitan dengan editorial. Penulis jika salah dalam hal itu, maka tim editlah yang akan memperbaiki. Untuk judul biasanya usulan dari penulis, tapi biasanya judul akan diperbaiki karena kebanyakan judul dari penulis menggunakan bahas formal, sementara judul harus bisa membangkitkan minat pembaca, oleh karena itu judul, cover dan sinopsis sangat berperan penting untuk penjualan buku itu sendiri (seperti yang sering kita lihat di toko buku, bahwa buku itu disegel plastik, dimana orang tidak bisa membaca isinya).
     Mengenai buku yang sudah ada di toko, itu adalah hasil akhir yang sebelumnya sudah dilakukan editing oleh penulis (berupa koreksi akhir, untuk menghindari kesalahan yang fatal), barulah penerbit mencetak secara masif. Naaah terbitlah sebuah karya, maka yang didapatkan penulis itu sendiri adalah kepuasan, reputasi, karir dan uang. Jadi naskah yang diterima oleh penerbit ada bermacam-macam diantaranya adalah seperti gambar dibawah ini,


     Untuk kita sebagai penulis pemula maka dapat  melakukan yang sebelah kanan bawah yaitu menulis dengan tema populer dan kita sebagai penulis yang belum populer. Sementara yang paling bagus adalah yang kanan atas yaitu tema populer dan penulis populer, maka akan laris manis tanjung pinang hahahahaaaaa. Jika tema tak populer, penulis tak populer makan tak akan diterbitkan bukunya, ke laut ajaaaah daaaah yak. Setelah dicetak maka penerbit mempunyai hitungan sendiri, berapa ekslempar yang dicetak, tergantung buku. Ada buku yang dinilai marketnya sempit, tetapi panjang kegunaannya (buku yang tidak diperbaharui/revisi tetap laku), contoh buku matematika, fisika, kimia. Bahkan penulis yang seperti ini maka royaltinya sampai ke anak cucu karena penulis sendiri telah meninggal. Naah untuk penulis pemula seperti kita maka carilah tema-tema yang market lebar walau lifecycle pendek. kuuuuuylah teman-teman SEGERALAH MENULIS apapun resikonya, jangan menggunakan kata AKAN MENULIS.
     Salah satu saran dari narsum malam ini adalah tulislah buku yang banyak digunakan orang. Beliau juga mengutip pesan yang sangat bagus dari Imam Ghazali seperti gambar di bawah ini

     Akhirnya Pak Joko Irawan Mumpuni menutup pembelajaran ini, waaaah bener-bener ga terasa belajar bersama beliau, rasanya pengen ditulis semua, pentiiiiing semua, tapikan saya ditugaskan membuat resume ya bukan menyalin hehehheeee. Sesuai dengan prediksi beliau bahwa kami hanya sampai pembahasan satu saja, nanti akan dilanjut lain waktu, siaaaaap Pak, saya tunggu terima kasih banyak atas pembelajarannya malam ini, sangat sangat berharga untuk saya,demikian resume yang baru yang baru pertama kali selesai dengan cepat teman-teman (selesai belajar resume pun selesai), semoga bermanfaat tulisan ini,amiiin.

Penulis Pemula

25 komentar:

  1. Keren kesimpulan dr al ghazali nya I like it

    BalasHapus
  2. Wah keren bu tulisannya.. Terimakasih bu informasinya 😊

    BalasHapus
  3. Identitas di atas maaf tgl nya 8 Juni 2020..mntppp..cpt skli

    BalasHapus
  4. aih cantik dan keren resumenya BuFina

    BalasHapus
  5. Resumenya cepat sekali Bu Fina,,mantap dah

    BalasHapus
  6. Cepat juga nich upload resumenya...
    Bismillah
    Rabu, 08 Juli 2020, Postingan ke-418. Mohon doanya satu hari satu postingan di blog 
    www.sarastiana.com 

    Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
    http.sarastiana googleAdsense.com

    Metode Pembelajaran Sosiodrama
    www.sosiodrama.com

    Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran

    BalasHapus
  7. Ngaung ngaung...
    Ternyata walau banyak nyamuk resumenya cepat dan lengkap.
    Mantap bu 👍👍🙏

    BalasHapus
  8. waduh... bener2 ketinggalan kereta saiyaa...
    T O P bener bunda finaaaa...

    BalasHapus
  9. Keren..cepat resume nya....
    Rapi dan lengkap... Siapa dulu..ya😂😂😂

    BalasHapus
  10. Terus menulis tuk menemukan gaya penulisan ala anda yang otentik dan siip ( bu sri)

    BalasHapus
  11. resumenya singkat, padat.. keren

    BalasHapus
  12. resum yang lengkap mampir ya ke tempatku https:///ciciswediastriana.blogspot.com/

    BalasHapus
  13. luar biasa keren. lnjutkan karyanya dgn mnulis.

    Bapak/ Ibu d persilahkan untuk mampir ke:
    http://elanjaelanialfatih.blogspot.com/2020/07/resume-kuliahelanpertemuan-ke-178-juli.html

    BalasHapus

👩🏻‍🏫 Tema 5 Bahasa Indonesia