Minggu, 28 Juni 2020

Generasi Chat Me


Belajar Menulis Gelombang 12/Membangun Branding lewat Blog dan Medsos



Pertemuan ke 12 : Jum’at, 26 Juni 2020

Waktu                  : 19.30 - 22.00 WIB

Pemateri              : Namin AB Ibnu Solihin

                            www.motivatorpendidikan.com.

Resume               : Sofina, M. Pd.

                            finazen40@gmail.com/sofinayan.blogspot.com



Berdasarkan terawangan saya, nampaknya minggu-minggu ini pembicaranya sangat ‘now’ banget alias sangat dibutuhkan alias mendesak bangeeet, kalau kelewat bisa nyeseeeel nangis bawang bombay daaah saya. Sudah seminggu ini narsum sangat interaktif banget, dibutuhkan konsentrasi tingkat dewa, agar nangkep apa yang disampaikan, dengan segala iklan di WAG (pertanyaan, lalu jawaban, lalu materi dikit, pertanyaan masuk, dijawab, dst tuuuh begitu tuh, mantuuulkan buat yang baca). Okeeh siap-siap dimulai, fokus fokus fokus….
Pembicara malam ini Namin AB Ibnu Solihin, seorang founder motivator pendidikan, konsultan branding, dosen, bloger, dan penggiat pendidikan. Telah diberikan kepercayaan dengan 3 putri dan 1 putra, yang saat ini mereka hidup tanpa gadget dan tv, what’s kageeet saya, ciuuus beneran nih, beneeeer ternyata bukan hoax loh teman. Perjalanan narsum malam ini dimulai dari nol ya (kayak iklan bensin pertamina hahahaaa). Berawal  dari office boy/tukang pada sekolah dasar, pernah menjadi bagian dari pengalaman beliau saat SMK, bahkan jika ditelusuri ke belakang saat SD punbeliau sudah berdagang es mambo lalu menjadi tukang bongkar muat bata merah saat di mts, hingga menjadi penyiar radio, yaaaaah benar mental kemandirian serta tidak mau tergantung pada orang tua/orang lain, nampaknya perjalanan Pak Namin AB Ibnu Solihin itu menjadi modal awal sebagai pintu kesuksesan beliau.
Dunia pendidikan sebagai pengajar telah ditekuni sejak madrasah diniyah, yaitu Pak Namin AB Ibnu Solihin mengajar TPA. Waktu paling lama dalam mengajar yaitu Guru SD selama 11 tahun, walau memang pernah juga mengajar di SMP dan SMA. Tapi dunia Pendidikan beliau tinggalkan setelah banyak merasakan pengalaman dibidang-bidang lain, akhirnya beliau berpindah ke lain hati cieeeeee….
Tepatnya tahun 2012 Pak Namin mulai membranding dirinya yang telah dipelajari sejak 2007 secara otodidak, setelah sebelumnya selama 10 tahun memberikan Pelatihan Guru Ngeblog sacara gratis. Membranding memang tidaklah mudah, kita harus mencoba berkali-kali dan tidak putus asa sampai menemui hasil seperti beliau. Karena beliau pun demikian, barulah pada tahun 2014 Pak Namin menjadi Trainer dan Motivator Pendidikan secara professional, dengan branding kreatifnya. Barulah tahun 2015 Pak Namin melaunching program Training, Seminar dan Workshop di website www.motivatorpendidikan.com. Berikut adalah maping beliau berupa my story, barbagi tidak membuat rudi, dan skil pendukung.




Salah satu berbagi beliau adalah 250 materi training di slideshare.net, yang sudah dilihat sebanyak setengah juta kali, dan didownload sekitar 7rb kali setiap tahun. Ternyata awal mulai beliau membuat branding adalah melalui blogspot.com, yaitu untuk mengisi waktu saja, wooouu ngisi waktu dengan menulis, kita ngisi waktu dengan nonton, main hp, mall hehehehhehee. Bahkan beliau pernah membuat 10 blog joooossss banget, laaaah saya satu doang ajah pernah mati suri, sekarang kaga kelar-kelar ngerjain tugas niiiih hehehhehe. Naaah barulah tahun 2014 beliau Bersama Om Jay menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Seperti sudah saya tuliskan di atas bahwa tahun 2015 beliau konten tulisannya di website. Masih menurut beliau, proses menulis itu kadang harus 5a, yaitu dipaksa, terpaksa, kepaksa, biasa, terbisa. Oooooh ia, pantesan ya kita diwajibkan membuat resume diblog lalu juga kirim email, ini adalah salah satu proses kita jelang terbiasaa, ia ia ia baru tahu tempe deh.
Tips yang diberikan kepada kita jika ingin membangun branding sebagai berikut :
1.   Sejalan dengan kompetensi yang kita miliki, artinya jangan pernah mencoba membangun branding tapi ga punya ilmu, weeeeiiit modal nekat ini mah namanya hehehehe.
2.   Jika kita membangun branding lewat blog, maka diusahakan selaras dengan kepribadian kita, dan segala aktivitas yang dilakukan. Juga kita konsisten dengan brand yang kita tulis, oooh artinya hanya fokus disatu ya, agar orang inget satu hal tentang kita.
Lagi-lagi dengan menulis dapat mengantarkan beliau keliling Indonesia, kalua saya yaaaah ga usah muluk-muluk daah, keliling dunia juga udah seneng, hahahahhha, dunia boooo, jauuuh amat jleeeb dah.
Motivasi beliau sangat dalam yaitu, saya ingin hidup saya dirasakan manfaatnya bagi orang, untuk bermanfaat adalah harus belajar, kemudian mengalami langsung, barulah kita berusaha memberikan pada orang lain. Dengan motto beliau adalah “jadilah pribadi yang menginspirasi, menggerakkan, dan meladeni”. Serta beliau berusaha mendidik anak dengan cara @anaktanpagadget,tv dan bioskop. Semog semua dimudahkan ya pak, dan harapan bapak terwujud, amiiiiin, saya hanya bisa mendo’akan. Catatan penting dari beliau tentang materi ini adalah jangan pikirkan branding jika belum paham, fokus saja menulis sesuai kemampuan kita, kuuuuylah saya ga bawa pusing daaaah. Biar ga lupa inilah generasi z generasi chat me, dihadapan kita sekarang, yaaaah dialah anak didik kita.


Naah itulah resume malam ini, perjalanan dari office boy menjadi motivator, gregeeeeeet bangeeet daaah pak bro ini, motivator berjiwa guru. Oh ia teman ada slide dan materi penting dari beliau, sudah saya share di FB, sebelum resume ini di publish, semoga bermanfaat ya teman-teman. 


yang masih belajar tatah untuk menulis...


 








16 komentar:

  1. Selalu suka baca tulisa Bu Fina..siip

    BalasHapus
  2. Wah.. lengkap resumenya bun.. keren

    BalasHapus
  3. Mantap resumenya bu fina, keren juga tampilannya😊👍

    BalasHapus
  4. Ini baru keren resume yg mengendap dulu tunggu wangsit baru muncul .KEREN dah

    BalasHapus
  5. resumnya keren bu selingi guyonan, pembaca tidak bosan. coba kunjungi saya ya bu mohon kisarannya https://ciciswediastriana.blogspot.com

    BalasHapus
  6. Bagus menarik isi dan tata blognya

    BalasHapus
  7. weis mantep BuFina resumenya dan suka banget dengan latar blognya. keren

    BalasHapus
  8. Emang benar kata lho.....mantap

    BalasHapus
  9. Mantul.... Bukan pemula lagi nih....

    BalasHapus

👩🏻‍🏫 Tema 5 Bahasa Indonesia