Selasa, 23 Juni 2020

Menulis Sesuai Pesanan di Aplikasi ya gaeees....


Belajar Menulis Gelombang 12/ Personal Branding dan Blog

Pertemuan ke 10 : Senin, 22 Juni 2020
Waktu                : 19.00 - 22.00 WIB
Pemateri            : Agus Sampurno
                           Twitter @gurukreatif/ a.sampurno@gmail.com
Resume             : Sofina, M. Pd.
                            finazen40@gmail.com/sofinayan.blogspot.com


  

Alhamdulillah setelah bangun tidur siang, saya baru akan memulai membuat resume tugas pembelajaran menulis. Sudah segar badan karena tadi pagi saya ke sekolah, sudah mulai pembagian rapor, tapi tidak berbarengan semua, melainkan sesuai dengan jadwal alias bergilir, dengan tidur sebentar, stamina kembali full heheheheh, kayak habis isi bensin ya teman, pake full segala (bang isi ful teng ya).

Semalam saya sangat siap sekali untuk belajar, hp ditangan, dan laptop di depan mata, hahahahaha hebaat ya, jadi mata naik turun liat hp dan laptop. Tumben saat itu belum diinfokan siapa nara sumber yang akan mengisi, juga cv belum di share, biasanya dari sore sudah dapat info tentang nara sumber. Setelah pukul 19.00 WIB barulah moderator memperkenalkan nara sumber dan share blog yang berisi biodata beliau. Berikut beberapa pengalaman beliau yaitu, sebagai Koordinator guru di Global Jaya International School Jakarta, Kepala sekolah Ananda Islamic School Jakarta Barat, Master Trainer Sertifikasi BNSP, wuiiiiiiiih ini yang mantuuul banget, sementara untuk menulis, waaah jangan ditanya lagi dah teman, sangat banyak tulisan-tulisan beliau, salah satunya adalah Penulis Program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal, Blog Pendidikan terbaik Detik.com, yaaah nara sumber kami adalah pakar menulis-motovator, serta masih banyak lagi, teman-teman bisa melihatnya di laman blog beliau yaitu Blog Agus sampurno.

Tibalah nara sumber memberikan materi pada kami, tapi yang nongol bukan materi melainkan quiz, yeeeaaa asiiiik kuiiiiss, saya demen nih, awalan sudah membuat hati senang, belajar dengan kuis. Teman-teman di WAG pun memberikan tanggapan yang sama dengan saya, karena senangnya, bahkan Ibu Katmie, sampai berkata ‘dengan kuis aja belajarnya terus’ karena begitu happy emak-emak dikasih kuis hahahhahaa. Ada yang berhasil masuk, ada yang masih muter-muter alias loading,  ada yang tidak bisa masuk, mungkin karena gangguan jaringan. Tapi lama-lama banyak juga yang berhasil mengerjakan kuis ini.

Nah setelah beberapa orang berhasil menyelesaikan kuis, ternyata Pak Agus memberikan tugas, berdasarkan hasil penerawangannya dari hasil kuis. Wooouuuuw ini mah jebakan betmen alias prank. Kami diminta menulis berdasarkan judul yang telah beliau tentukan, dengan jumlah kata kira-kira 150 sampai 300an. Terbelalaklah mata saya membaca itu sambil memberikan emoticon menangis, karena saya tidak mampu, menulis langsung, harus semedi dulu baru bisa menulis. Memang sih beliau memberikan sedikit keringanan, bahwa tidak harus mala mini selesai tapi semampunya. Alhasil teman-teman dan saya pun diam sejenak, sambil membaca WAG judul-judul yang telah di bagikan di grup, disertai nama-nama kita. Hadhuuuuuuh matilah saya ini, mau nulis apaaaa coba, kebanyang juga engak, walau pun judul sudah ada.

Akhirnya saya pun sambil nonton tv dan makan risol untuk menghilangkan rasa stress ini, serasa dikejar-kejar gondoruwo gitu. Dan tiba-tiba saja, moderator share blog teman-teman yang sudah jadi tulisan di blog berdasarkan judul, sudah banyak teman-teman yang jadi. Auuuuuuhh langsunglah saya menghadap komputer, sambil risol penghabisan dimulut saya lahap dengan semangat. Ga bisa nih begini niiiiih, yang lain pada bisa, maka saya pun harus bisa jadi nulis malam ini juga.

Maka saya pilihlah judul yang bagus menurut saya, yaitu tentang ‘3 Cara Guru Tetap Optimis di Masa New Normal. Isinya adalah sebagai berikut :
1. Tularkan semangat mengajar dan belajar pada anak didik kita, juga sesama guru. Karena merekalah, yang saat ini menjadi murid kita, merekalah yang akan memimpin di saat Indonesia berusia 100 tahun. Yaaaah 25 tahun yang      akan datang, mereka sudah menjadi pemimpin yang akan memajukan negara Indonesia. Jika kita mengajar tanda kesan tanpa semangat tanpa nilai lebih, maka apa jadinya mereka nanti, apakah mampu mereka memimpin dan memajukan negara tercinta ini.
2. Tetap produktif, apapun bisa kita lakukan sebagai guru, dengan segala keterbatasan disaat ini. Tidak menjadi rintangan, asal tetap menjaga protokol kesehatan dimana pun kita berada.
3. Positif thingking, dengan begitu akan membawa aura positif disegala kegiatan yang kita lakukan sebagai guru. Akan semakin menguatkan kita dalam melaksanakan aktifitas, tanpa ada rasa pesimis atau merasa sia-sia yang telah dan akan kita lakukan selama masa ini.

   Dan saat mengetik pun saya sangat semangat, bahkan ini jari serasa lancaaaar jaya dalam menulis terus dan teruuus, semangat 45 bagaikan semangat mengusir penjajah dari muka bumi Indonesia ini hahahahaa. Selesailah saya mengerjakan tantangan dari Pak Agus Purnomo, saya pun sampai bingung, kok bisa ya saya selesai. Rasanya ga percaya gitu. Tapi kenyataannya saya berhasil. Nara sumber benar-benar hebat, dapat memecut nyali guru-guru seperti saya. Dengan lecutan ini, dipaksa kita dan kita bisa melakukannya. Waaaaaoooou, senang tak terkirakan yang saya rasakan.

    Disaat pembelajaran berlangsung Pak Agus memberikan tips bahwa kita dalam menulis harus membuat judul, yang dengan orang membacanya saja, sudah tertarik dan dibuat penasatan, maka itu akan menjadi personal branding untuk kita. Personal branding adalah aspek dimana kita karena hal yang menjadi fokus kita. Dalam hal ini tidak perlu ahli, tapi yang diperlukan adalah kengototan kita belajar hal yang kita suka. Lalu bagilah hasil belajar kita dengan pembaca lewat tulisan kita di blog.

    Ternyata beliau memulai pelajaran dengan kuis untuk menganalisa antara apa yang menjadi hal yang disukai dari kita, disanalah kita dapat judul dengan ramuan dari beliau. Ternyata itu berhasil menbuat kami kocar-kacir untuk segera menulis. Dan hasilnya pun mala mini berhasil. Sungguh pembelajaran yang sangat luar biasa. Terima kasih banyak Pak Agus Sampurno, yang telah mengejar kami dengan sekencang-kencangnya bagaikan angina topan, hingga kami masuk dalam barak kami untuk mencari tempat aman yaitu masuk ke laptop dengan menulis. Begitulah peristiwa pembelajaran yang kami lewati, semoga teman-teman guru khusunya, dapat menambah semangat untuk berbuat lebih seperti yang telah diajarkan oleh Pak Agus Purnomo.






Penulis Pemula

13 komentar:

  1. bunda ini ky gak punya beban hidup...
    enjoy bgt... seenjoy membuat tulisan
    hahahaaaaa....
    keren... syuuukaaaa

    BalasHapus
  2. mantap banget resumenya Bu, keren abis deh

    BalasHapus
  3. Asyek bgt tulisannya bu. Jdi pengen ikutaaan makaan risolnya hehe... Lanjutakan bu

    BalasHapus
  4. Woww keren bgt nih tampilannya orange cerah ceria seperti yg punyanya

    BalasHapus
  5. Semangat jeng.... calon penerus ibu Kanjeng nihhh

    BalasHapus
  6. kalo mood udah enjoy, menulispun akan mengalir...kereeeen

    BalasHapus
  7. Bagus nih infonya... Nambahin ilmu baru

    BalasHapus
  8. Ini sih sudah jadi penulis profesional... good job Bu Fina... Oh ya saya udah muji nih jadi lapaar.... Buburnya mana?

    BalasHapus
  9. Seru bu baca tulisannya. Mantul, berapi-api

    BalasHapus

👩🏻‍🏫 Tema 5 Bahasa Indonesia