Kamis, 18 Juni 2020

Guru Cantik dengan Segudang Best Achievement dari NTT


Belajar Menulis Gelombang 12/ Berbagi Pengalaman Menulis Resume Kuliah

Pertemuan ke 8     : Rabu, 17 Juni 2020
Waktu                   : 19.00 - 22.00 WIB
Pemateri                : Theresia Sri Rahayu, S. Pd. SD
                             http:www.cikgutere.com
Resume                 : Sofina, M. Pd.
                              finazen40@gmail.com/sofinayan.blogspot.com




     Malam ini saya sudah siap belajar di WAG, terpacu siap cepat,gara-gara teman saya yang bernama Ibu Milla. Coba bayangkan teman, Senin lalu tanggal 15 Juni, setalah pembelajaran via WAG selesai, hanya dalam hitungan beberapa menit cuuuussss langsunglah Bu Milla ngeshare hasil resumenya, wudiiiiih kencang kali kayak Valentine Rosi bawa motor teman. Hebat kaliii teman yang satu itu. Nah sekarang, walau saya tak bisa mengejarnya, dicobalah mulai  dengan siiiap graaak untuk menyimak sambil menulis hehehehehe. Saatnya  saya belajar bersama cikgutere dari jauuuuh sekali, beliau bertugas di SDN Waihibur, Kab Sumba Tengah, NTT. Ibu cantik ini telah meraih Best Achievement begitu banyak, teman. Memulai tapak cikgutere sebagai pemenang juara 1 guru berprestasi tingkat kecamatan, Padalarang, Bandung. Tapak agak jauh menjadi finalis lomba alat peraga matematika sederhana tingkat nasioanl tahun 2018, dilanjutkan dengan berbagai capaian yang sangat luar biasa, dan pernah mendapatkan kesempatan sebagai 40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching challenge tahun 2019, hingga akhirnya menjadi blogger inspiratif dari Ikatan Guru Tik PGRI dengan Penerbit Andi, Yogyakarta. Waaaaah benar-benar sangat luar biasa.
     
     Cikgutere akan berbagi kisah pengalamannya dalam membuat resume, yaitu berawal hanya membaca postingan dari teman di FB tentang resume kegiatan menulis dari Om Jay. Lalu mencaari tahu untuk ikut bergabung dalam belajar menulis secara kuliah online di WAG. Naaaaah sama kita nih Cikgutere, saya juga berawal dari membaca tentang belajar menulis di salah satu berita, lalu mencari tahu dan akhirnya berhasil bergabung. Sepertia biasa setalah mengikuti kulian online WAG kita diminta mengumpulkan tugas berupa tulisan diblog, naah dari sinilah Cikgutere mulai mengimitasi gaya menulisnya dengan melakukan blog walking, agar ide-ide dapat mengalir dan tidak kaku, maka timbulah rasa percaya diri saat menulis resume. Sama halnya dengan saya sebagai blog pemula, akan sangat senang jika tulisan yang kita posting banyak dibaca orang.  Akhirnya Cikgutere memasang gadget statistik di laman blog. Disela-sela belajar, saya pun mencoba buka statistik pengunjung, wuiiiih ternyata postingan saya beberapa hari yang lalu, banyak juga yang baca hehehehhe. Oooh begitu toh ya untuk tahu caranya, dapeeet ilmu baru lagi niih, asyiiikan kalau ikut belajar.
                       
     Di bawah ini adalah contoh artikel yang dikunjungi oleh ribuan pembaca.




     Artikel tersebut berisi tentang proses belajar di rumah yang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Karena Cikgutere berasal dari wilayah NTT, metode belajar online tidak bisa dilakukan, maka dipilihlah dengan membuat video pembelajaran  yang diupload di youtub lalu dibagikan ke fb, akhirnya 5 dari 20 siswa Cikgutete dapat memanfaatkannya. Kegiatan tersebut ternyata menarik perhatian guru dan siswa lain di chanel youtube Theresia Sri Rahayu.

     Cikgutere mempunyai pengalaman yang sangat mengesankan saat menerima tantangan menulis resume dengan cepat, pemenangnya nanti akan mendapatkan hadiah. Cikgutere berjuang agar dapat membuat walau saat itu sedang mati lampu dan baru selesai pukul 01.00 WITA. Lalu memposting tulisannya di FB, dan berhasilah Cikgutere mendapatkan hadiah. Sungguh pengalaman yang luar biasa ya teman-teman. Sampai miris hati saya membaca perjuangan Cikgutere. Beginilah usaha seorang guru yang tinggal jaug dari kota besar tapi memiliki semangat yang luar biasa, sementara saya di ibukota , sungguh malu saya coba refleksi diri kembali. Hal yang dilakukan Cikgutere tersebut semakin menambah semangatnya dalam menulis resume, dengan motivasi beliau adalah berbagi dan prestasi.

Dibawah ini adalah beberapa resume yg  dibuat Cikgutere yg mendapat hadiah atau penghargaan yaitu :

1. Resume tercepat ; dapat dibaca https://www.cikgutere.com/2020/03/gas-gere-berani-menulis-berani.html?m=1
2. Resume terbaik ; dapat dibaca http://www.cikgutere.com/2020/04/strategi-pemasaran-buku-yang-efektif.html
3. Tulisan terbaik dan inspiratif ; dapat dibaca  https://www.cikgutere.com/2020/05/belajarlah-menulis-dari-kartini-dan-ukirlah-sejarah-karyamu.html?m=1

Dan Cekgutere berhasil mendapatkan penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta.

     Diakhir pembelajaran Cikgutere memberikan keyakinan pada kita yang saat ini masih belajar menulis, bahwa menulis resume banyak manfaat, yaitu menambah pengetahuna, mengikat sari-sari ilmu, menajamkan pola pikir, dan menulis resume dengan sepenuh hati. Menulislah setiap hari dan tunggulah keajaibannya. Baaaaiklah siaap Cikgutere. Terima kasih banyak atas berbaginya, saya semakin semangat untuk belajar dan belajar lagi.







Penulis Pemula

19 komentar:

  1. tulisan yang indah....lanjuttttt semngat bu

    BalasHapus
  2. Wuidihhh... tambah keren dg kalimat pembukanya yg beda dr yg lain...
    Keren lah bunda yg baik hati ini ... tulisannya ngalir ky air terjun

    BalasHapus
  3. mantap dan lengkap resumenya, keren banget

    BalasHapus
  4. Tulisannya renyah, ringan dibaca. Keren...

    BalasHapus
  5. Joss..cocok sekali apalagi ini lagi duduk minum kopi Toraja semabri menikmati tulisan yang manis pengganti kuenya..pokoknya sip deh

    BalasHapus

👩🏻‍🏫 Tema 5 Bahasa Indonesia