Selasa, 16 Juni 2020

Si Pemuda Belia Rendah hati yang Mau Berbagi


Belajar Menulis Gelombang 12/ Guru Menulis & Menerbitkan Buku

Pertemuan ke 7     : Senin, 15 Juni 2020
Waktu                  : 19.00 - 22.00 WIB
Pemateri               : Raimundus Brian Prasetyawan, S. Pd.
                              Brian Prasetyawan's Blog
Resume                 : Sofina, M. Pd.
                              finazen40@gmail.com/sofinayan.blogspot.com


        Sebelum belajar online dimulai, saya membaca-baca sekilas info tentang pemateri yang akan mengisi. Setelah saya membaca, perasaan ada yang lain nih, karena biasanya ada surprise  terhadap pemateri yang akan ditampilkan oleh Om Jay di saat pembelajaran. Untuk melepas penasaran saya, akhirnya bertanya di WAG dengan Ibu Fatimah dari Aceh. “Ibu apakah pemateri malam ini ada disini, digrup ini bersama kita?” Beliau pun mejawab, “Hayooo tebak siapa”? Sebelum saya menjawab, WAG telah ditutup Om Jay, karena pelajaran akan segera dimulai. Aduuuuuuh Om jay, lagi tanggung juga penasarannya.

Beberapa menit kemudian akhirnya kami mulai pelajaran via WAG. Seperti biasa Bu Fatimah memberikian biodata pemateri. Dan dooooooor, benar namanya adalah pak Bryan dan kami ada di WAG yang sama. Senang dan bangga sekali, banyak orang-orang hebat yang ada dan dekat bersama saya dalam WAG. Ternyata beliau juga merasakan deg-degan untuk membawa materi pada kami, hehehheee. Pak Brian masih sangat muda, kelahiran tahun 1992, mengajar di SD, tempat tinggalnya di Bekasi, ternyata sudah mulai ngeblog sejak tahun 2009. Naaaah beda 3 tahun nih sama saya ngeblognya Pak Brian, saya tahun 2012 hehehehe.

Pak Brian akan berbagi tentang ngeblog di blogger.com dan sedikit tentang menerbitkan buku. Wuuiiih, masih muda sudah bisa menerbitkan buku, teman. Ngeblog merupakan salah satu hobinya, dan berawal dari sebagai peserta saja, kemudian Pak Brian tergerak untuk membantu peserta membuat/menggunakan blog. Alasan Pak Brian mau membantu adalah karena ingin punya banyak teman-teman guru blogger, juga ingin menyatakan bahwa blog itu bukan media yang sulit, jangan sampai ada anggapan blog itu sulit dan akhirnya kita para guru meninggalkan blog.

Naaah teman, sebelum Pak Brian bergabung WAG bersama Om Jay, Pak Brian merasa sendirian saja menjadi guru blogger, dan akhirnya beliau sangat bersyukur dipertemukan WAG Belajar Menulis, mudah-mudahan tetap eksis, amiiiin. Saya pun demikian Pak Brian, saat membuat 2012, ga ada yang ngeliat dan ga yang komen, hehehehhee, karena isinya baru berupa kisi-kisi soal untuk murid saya. Saat pembelajaran, kami diberikan link blog yang isinya sangat memotivasi kami, bahwa memang begitulah saat memulai kita ngeblog. Tapi Pak Brian berhasil menjaga konsistensi ngeblog yang sudah berusia 11 tahun, wuuuuiiih mantuuuul banget. Memang untuk dapat konsisten perlu motivasi yang sangat kuat.

Saat ini memang tidak dapat dipungkiri bahwa banyak blogger yang terjebak dengan motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Sebaiknya hal itu dihindari karena jika tidak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Setujuuuuuuu saya dah betul itu.

Tentang ide tulisan memang sering menghambat kita, terkadang sudah di depan laptop tapi masih bingung mau nulis apa, hahahahaa, ia ia iaaa. Naaah untuk itu tips yang diberikan Pak Brian adalah tulislah pengalaman dan aktivitas sehari-hari di rumah atau tempat kerja. Tulisan itu dapat dimuat di blogger atau wordpress sama saja kedua media ini. Hal itu adalah tergantung selesa masing-masing dari kita. Yang terpenting adalah memilih salah satu dan kita konsisten dengan pilihan kita.

Teknis penggunaan blogger juga disampaikan pada pembelajaran kami via WAG. Bahkan diinfokan ada fitur-fitur baru dalam blog serta dapat kita bandingkan denga blog versi lama. Saya sebenarnya sudah liat Pak Brian tapi belum berani untu mengubah ke yang baru,takut jadi berantakan hahahahha.
Pak Brian sudah menerbitkan buku, diantara bukunya adalah berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog, berikut buku-bukunya.

Selain itu Pak Brian juga akan menerbitkan  buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi.
          
     Pada kesimpulannya adalah menulis di blog akan menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Serta kita jangan mudah menyerah hanya karena kesulitan dalam blog, dan berusaha agar blog selalu ter update, maka kita akan merasa puas dan senang. Alhamdulillah ya teman-teman WAG Belajar Menulis Gel 12 benar-benar berhasil untuk kita saling menguatkan dan berbagi cerita, tentang menulis dan membuat blog ini. Semoga ke depannya kita semakin maju dan semakin banyak manfaat yang dapat kita berikan khususnya untuk anak didik kita dan teman-teman guru pada umumnya. Demikian kesimpulan materi pembelajaran dengan Pak Bryan, anak muda yang sangat potensial dan rendah hati. Terima kasih pak Brian.


Salam literasi dari Depok, Sofina.

18 komentar:

  1. Ayo..motivasinya nak brian kita ikuti.... Pelan2 tapi nyampe😂

    BalasHapus
  2. Mengalir seperti air... Kerman... Keren dan mantaaap...

    BalasHapus
  3. Waduh... tulisannya kok makin keren
    Ngikut dr belakang biar ketularan

    BalasHapus
  4. Bagus resumenya Bu Fina..semangat trs menulis

    BalasHapus
  5. Terima kasih sudah membuat resumenya. Semoga sharing dari saya bermanfaat. Semangat ngeblog!

    BalasHapus
  6. Yuk kita ngeblog dan menjaga konsistensi dalam menulis

    BalasHapus
  7. tulisan yang indah...inspirasi tanpa batas, semangat menulisnya bu sofi

    BalasHapus
  8. Mengesankan resume yang ibu tulis mudah dipahami dan bermanfaat untuk kita, mantap.

    BalasHapus
  9. Mantab Bu...

    Salam literasi dari lumajang Jawa timur 😊🙏

    Monggo mampir di blog saya

    BalasHapus

👩🏻‍🏫 Tema 5 Bahasa Indonesia