Senin, 15 Juni 2020

Biang Blog dari para guru, inilaaaaah dia Mr. Bams


Belajar Menulis Gelombang 12/ Kisah Guru Ngeblog di Wordpress

Pertemuan ke 5     : Jum,at, 12 Juni 2020
Waktu                             : 19.00 - 22.00 WIB
Pemateri                : Bambang Purwanto
                            : http://penamrbams.id/profil-mr-bams/ 
Resume                 : Sofina, M. Pd.
                              finazen40@gmail.com/sofinayan.blogspot.com



Saat pertama kali baca di grup wa tulisan ‘Penamrbams’, agak sedikit berkerut dahi, baguuus jugaa nih nama ya, mudah diinget dan simple. Bisa ajah nih yang punya nama buat kreasinya. Tidak beberapa lama, nama tersebut nge share cara buat blog, ah saya ga buka ah, saya kan dah punya blog, mau ngapain buka lagi, buat puyeng kepala. Tapi kok sering banget ya, nama itu muncul di grup dan nge share tulisannya. Telusur di telusur, oooooh inilah dia biangnya toh, biangnya yang suka ngajarin buat blog. Aiiiiiiih penasaran, liat dah blognya, wuiiiiiih bagus bener ya, ga seperti punya saya, hehehehe. Akhirnya  saya pun berkesempatan belajar bersama beliau tentang kisah beliau yang mengajarkan para guru untuk membuat blog di wordpress.


     Beliau berlatar belakang SMA, lalu melanjutkan kursus computer di bandung selama 3 bulan, setiap hari. Saat beliau belum lulus kursus, beliau sudah bekerja disebuah konsultan. Wuiiiih mantuul pak bro nih, bs langsung kerja. Sekarang beliau guru di SMP Taruna Bakti.

Naaaah penasarankan teman, kapan beliau itu mulai ngeblog? Ternyata saat di SMP Taruna Bakti, beliauselain guru, diminta membimbing ekskul blog, tetapi pakai multiply. Pilihan beliau jatuhlah membuat di wordpress. Beliau senang menulis, juga mendongeng, bahkan tahun 2011 berhasil beliau membuat taman bacaan sendiri di rumah. Naah sejak menjadi pegiat literasi, beliau sudah mengenal penulis-penulis hebat, diantaranya Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy.

Prestasi sekolah beliau mulai mengalahkan sekolah negeri dalam hal literasi, yaitu meraih Juara Literasi Katagori Utama pada tahun 2019, beliau pun mendapatkan Anugerah Penggiat Literasi dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

     Awal mula beliau membuat blog adalah karena sebagai guru TIK merasa malu ga punya blog, hehehehe betul juga ya. Lalu malu juga karena beliau sebagai penggiat literasi. Dengan mempunyai blog beliau berpendapat bias berbagi pengalaman, menyimpan tulisan sepanjang zaman, bahkan menghasilkan rupiah, wooouuuuw.

     Beliau berbagi kisah, bagaimana cara kita mengisi blog, yaitu dengan menulis yang disenangi, tidak hanya berupa pengetahuan, cerpen atau puisi pun bisa. Naaaah sejak wabah covid inilah beliau memberanikan diri membuat kelas blog. Maka lahirlah kelas blog pemula, lanjutan, dan utama. Dari pengalaman beliau itulah dijadikan sebuah buku untuk kita semua, yaitu Kisah Guru Ngeblog di Wordpress.




Beliau menyampaikan, apa yang mau dan bisa, kita lakukanlah. Banyak orang yang bisa tapi kadang tidak mau melakukannya. Bermodal mau maka akan menjadi bisa. Waaaaaah kata-katanya buat jleeeb dihati saya.

     Saran beliau adalah kita harus bisa berdamai dengan diri sendiri, buat target menulis, seminggu sekali, dua minggu sekali. Lakukan yang bisa dulu, bila sudah terpenuhi, tingkatkan kembali intensitas menulisnya. Ada kalimat yang bagus untuk penyemangat saya, yaitu mahir bisa dilatih, yang bisa latihan hanya orang yang mau berlatih. Tuuuuuuuhkan kena jleeeeb lagi saya. Masih menurut beliau, bahwa menulis dimana pun juga bagus, tergantung selera kita. Kalau saya mah menulis di status yang rajin mrs bams hehehhehe. Kita harus memiliki hal positif dalam hidup, merasa tertantang untuk yang baru. Bagaimanakah cara blog kita agar ramai? Naaah disinilah kita tergabung, yah di grup/ komunitas yang sama, agar saling support.
     
     Selama mengajarkan cara membuat blog, perlu kesabaran yang luar biasa. Apalagi kalau ketemu emak-emak kali ya mrs bams, hahahahaa. Mulai dari membalas chat japrian, sampai mengeluarkan keringat dingin, tapi alhamdullah semua terselesaikan bersama beliau.

     Sampailah kita pada kesimpulan di pelajaran beliau, bahwa sebagai guru memiliki tantangan yang luar biasa, salah satunya dapat kita lakukan dengan menulis untuk kondisi saat ini. Buatlah blog yang dikelola dengan sepenuh hati, berbagilah kebaikan, dan setiap orang punya npotensi yang luar biasa, maka galilah dan kembangkan. Bahkan semua orang sebenarnya bisa tapi tidak mau melakukan sesuatu. Setiap saat kita bisa menciptakan kebahagiaan. 
     Alhamdulillah selesai juga akhirnya, saya menyimpulkan dari pembelajaran bersama mrs. Bams, terima kasih bro atas ilmu berbaginya.

7 komentar:

  1. Oke, banget.
    Berlatuh dan berlatih, membuat kita terlatih

    BalasHapus
  2. Bagus Bu Fina...semangat teruslah menulis..salam literasi
    Dari Bu Anik Pati..

    BalasHapus
  3. Sangat bagus Bu Fina, mungkin untuk penggunaan kata ganti orang "beliau" perlu divariasi agar lebih menarik dan enak dibaca

    BalasHapus
  4. Menarikkan bukan..apalagi profilnya..jgn lupa kunjungi juga ..ya. Salam literasi

    BalasHapus
  5. oke Banget Ibu...Yuk mampir2 juga di gubukku

    BalasHapus

👩🏻‍🏫 Tema 5 Bahasa Indonesia